Jumat, 13 Februari 2009

Muhammadiyah Boarding School untuk Perbaikan Bangsa

Muhammadiyah Boarding School untuk Perbaikan Bangsa

Arif Nur Kholis

Sleman-“Inilah upaya untuk menguasai masa depan, karena upaya menguasai masa depan hanya ada satu jalan yaitu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi”, demikian diungkapkan Prof. Dr. Amien Rais dalam acara launching Muhammadiyah Boarding School (MBS), Ahad (20/1/2008) di Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Menurut penasehat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tersebut, hal ini juga melihat kenyataan bahwa Indonesia saat ini berada pada posisi paling belakang dalam hal penguasaan IPTEK.
Selanjutnya Amien dihadapan ribuan warga Muhammadiyah yang memadati lahan di sekitar obyek wisata candi Boko yang merupakan calon lokasi MBS tersebut mengatakan bahwa saat ini India, Brazilia, Iran, Cina bahkan Nigeria sudah setingkat dibawah negara maju dalam penguasaan ilmu dan teknologi. Menurutnya hal inilah yang menyebabkan Muhammadiyah sebagai bagian dari Indonesia harus terus meningkatkan kualitas sekolahnya.
Lebih lanjut Amien mengatakan bahwa ada hal yang menjadi sebab mengapa bangsa kita seperti melarat abadi. Salah satu sebabnya karena kekayaan alam kita dikuasai bangsa Asing. Bahkan sudah 65 tahun merdeka kita harus mengakui tidak bisa mengelola kekayaan alam kita sendiri. Termasuk karena ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai asing. ”Bagaimana kita bisa bangun bila dalam IPTEK kita tergantung oleh asing ?” tegasnya.
Selanjutnya Amien mengibaratkan bahwa Muhammadiyah saat ini bisa seperti Gadjah yang Lumpuh, yaitu besar tapi tidak mampu bergerak cepat. Karena itu, bila kita bersama komitmen saat ini untuk perbaikan kualitas bangsa melalui pendidikan, duapuluh tahun lagi kita sudah bisa mengarasi masalah bangsa tersebut. ”Yakinlah Allah tidak mengantuk dan tidak tidur, Allah akan selalu melihat apa yang kita kerjakan, termasuk dalam mengelola MBS ini agar bisa membawa kemanfaatan maksimal” demikian Amien berpesan. ”Kalau kita ikhlas mengurusnya dalam kerangka ta’awanu alal birri wattaqwa upaya kita akan mendapat ridho Allah SWT” lanjutnya.
Muhammadiyah Boarding School di Prambanan ini merupakan upaya warga Muhammadiyah untuk membuat sebuah sekolah dalam konsep pesantren di daerah Sleman Yogyakarta. Sekolah yang pada awalnya menerima siswa pada jenjang SMP ini rencananya akan mulai buka pada tahun ajaran 2008-2009 ini. (arif).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar