Jumat, 13 Februari 2009

Australia – Muhammadiyah Sepakati Kerjasama Pendidikan dan Bencana

Australia – Muhammadiyah Sepakati Kerjasama Pendidikan dan Bencana

Jun 16 2008
Arif Nur Kholis

Jakarta- Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah (Din Syamsudin_, Jum’at (13/06/2008) menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) pengembangan kerjasama pengurangan resiko bencana, peningkatan kualitas dan kapasitas pendidikan, penguatan demokrasi, dan pertukaran kebudayaan. Penandatanganan MOU di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya 62 Jakarta Pusat ini merupakan kelanjutan kerjasama yang sebelumnya sudah terbina melalui Aus AID.
Pemerintah Australia dan Muhammadiyah berkomitmen mempererat hubungan baik yang telah dibangun antara Muhammadiyah dan pemerintah Australia melalui program peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Muhammadiyah telah menyelenggarakan berbagai program dengan dukungan kerjasama pemerintah Australia melalui AusAID. Diantaranya adalah program rehabilitasi dan pemberdayaan masyarakat pasca gempa bumi Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tahun 2006 lalu dan program membangun kesadaran bagi anak dan masyarakat serta program penyiapan rumah sakit dan komunitas siaga bencana yang akan berjalan selama 3 tahun ke depan.
Dalam pertemuan yang berlangsung singkat tersebut, lebih luas lagi, kerjasama diharapkan kedua belah pihak untuk dapat membangun kesepahaman antara rakyat Indonesia dan Australia, serta mempererat hubungan diplomasi yang baik diantara kedua negara. (arif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar